Rumah Hantu Darmo dan Misteri di Dalamnya

Rumah Hantu Darmo Surabaya. Bagi masyarakat kota Pahlawan, Surabaya tentu tidak asing dengan rumah kosong yang terletak di Jl.Permai II no.26, Sukomanunggal, Surabaya. Rumah tak berpenghuni yang sudah ditinggalkan penghuninya lebih dari 15 tahun dan menyisakan kisah angker itu dikenal dengan nama Rumah Hantu Darmo (RHD).
rumah hantu darmo
Rumah Hantu Darmo
Rumah Hantu Darmo Surabaya ada di sebuah komplek perumahan elit. Kondisi bangunannya sudah tidak utuh lagi. Bekas kebakaran yang mirip lumut kerak mewarnai setiap dinding tua maupun tiang-tiang penyokong rumah. Halaman maupun ruangan di dalamnya sudah ditumbuhi semak liar dan tumbuhan merambat yang menggantung di atas pagar depan rumah lambat laun akan menjadi tirai penutup yang akan membuat rumah ini semakin tampak menyeramkan. 

Meskipun sudah tidak utuh dan hanya tersisa dinding pembatas dan tiang-tiang penyokong, Rumah Hantu Darmo tetap tampak menyisakan sisa-sisa kejayaan yang dulu pernah ada.
rumah hantu darmo
Semak yang Memenuhi Wilayah Depan Rumah
Ada beberapa cerita tentang Rumah Hantu Darmo yang beredar di masyarakat. Kisah Rumah Hantu Darmo yang paling melegenda adalah kisah perjanjian antar penghuni rumah dan jin yang biasa dikenal dengan istilah pesugihan. Konon rumah ini dibangun di atas makam Ki Seto Gondo Mayit. 

Penghuni rumah terdahulu melakukan pesugihan dengan jin agar hidup mereka tetap diberi kekayaan dengan persyaratan penghuni rumah harus memberi tumbal yaitu nyawa manusia. Kesanggupan awal itu lambat laun menjadi ketidaksanggupan hingga akhirnya penghuni rumah meninggalkan rumah tersebut, entah perjanjian itu masih berlangsung atau sudah berhenti.

Info yang beredar, keluarga tersebut tewas setelah mengalami kecelakaan. Keluarga tersebut meninggalkan dua pembantu yang akhirnya dikabarkan tewas juga setelah majikannya dikabarkan tewas dibunuh dan kasus itu tidak terungkap.
lantai 2 rumah hantu darmo
Lantai 2
Sebuah cerita lain mengatakan kalau penghuni Rumah Hantu Darmo terdahulu memiliki hutang yang banyak dan akhirnya tewas dibantai perampok orang di dalam rumah.

Rumor yang beredar tidak bisa dipastikan kebenarannya. Rumah Hantu Darmo tersebut juga pernah mengalami kebakaran dan karena itu ditambah misteri tewasnya dua pekerja rumah, rumah ini mulai diselimuti berbagai kisah horor. Bahkan sebuah stasiun televisi swasta pernah mengadakan Uji Nyali di lokasi Rumah Hantu Darmo .Di sebuah pojok di depan rumah ada sebuah pohon besar yang memiliki hawa lain dan disinyalir tempat yang disukai mahluk halus penghuni rumah.
lantai 2 rumah hantu darmo
Sisa-sisa Tiang Penyokong
lantai 1 rumah hantu darmo
Ruang Utama Lt.1 yang Dipenuhi Semak
Jika ingin mencari kemistikan, rumah Hantu Darmo bisa dimasuki siapapun dan kapanpun untuk yang menyukai hal-hal supernatural. Namun keangkerannya kadang dianggap tidak cukup angker untuk sebagian muda mudi tak bermoral yang melakukan perbuatan tercela dan juga mabuk-mabukan. Lebih baik waspada ketika mengunjungi Rumah Hantu Darmo larut malam karena rumor ‘begal’ juga pernah terdengar di daerah ini.  

Baca Juga :
Hutan Mangrove Wonorejo - Mencari Kesejukan di Tengah Kota Metropolitan
Pantai Parangtritis - Aura Mistis dengan Sunset Romantis 

Share :

Facebook Twitter Google+

3 Responses to "Rumah Hantu Darmo dan Misteri di Dalamnya"

  1. ko berani sih ke dalam hahahah -___-

    ReplyDelete
  2. Aku penasaran, pengen ke rumah hantu darmo. Cuma belum kesampaian sampai sekarang.

    ReplyDelete
  3. Njirr, g nyadar ane kalo lokainya deket rumah ane, ane g tau kalo rumah ksong yg sering ane lewatin itu yg dimaksud di atas, gua g nyadar sama sekali, apa karena ane g tengok ke kiri ya -_-

    ReplyDelete